http://i560.photobucket.com/albums/ss44/erge32/EkaSidebar.gif

Semoga bermanfaat untuk kawan-kawanku n juga bagi publik,, :)

Guidance and Counseling Riska Ratna

Thursday, 4 December 2014

contoh RPL Bimbingan dan Konseling kurikulum 2013



RENCANA PROGRAM LAYANAN
( Format Bimbingan Kelompok)


I.                   IDENTITAS
A.       Satuan Pendidikan           : SD Negeri 3 Bandar Agung
B.       Tahun Pelajaran                : 2014-2015, Semester II
C.       Sasaran Pelayanan            : Kelas V dan VI
D.       Pelaksana                         : Riska Ratna Sari
E.        Pihak Terkait                    : Kepala Sekolah, guru mata pelajaran

II.                WAKTU DAN TEMPAT
A.       Tanggal                            : 18 November 2014
B.       Jam Pelayanan                  : Diselenggarakan di luar JP sesuai kesepakatan Guru Kelas dengan klien (siswa)
C.       Volume Waktu (JP)         : 2 JP
D.       Spesifikasi Tempat           : Ruang Kelas V/Ruang Khusus

III.             MATERI PEMBELAJARAN
A.       Tema / Sub Tema             : a. Tema : Permasalahan Sosial di Sekolah
b. Sub Tema : Akibat Berkelahi
B.       Sumber Materi
Pembelajaran                     : Hasil pelayanan klasikal

IV.             TUJUAN / ARAH PENGEMBANGAN
A.    Pengembangan KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari)
:
Agar peserta didik mampu  memahami dan mengentaskan masalah dirinya dengan memanfaatkan dinamika kelompok.
B.     Penanganan KES-T (Kehidupan Efektif Sehari-hari yang Terganggu)
:
Agar peserta didik menghindari ketidakmampuan bersosialisasi/ berkomunikasi yang sering terganggu oleh , perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap yang tidak objektif, sempit, terkungkung dan tidak efektif.

V.                METODE DAN TEKNIK
A.    Jenis Layanan
:
Bimbingan Kelompok
B.     Kegiatan Pendukung
:
Himpunan data, studi kepustakaan

VI.             SARANA                              
·      Tidak digunakan sarana khusus

VII.          SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Diperolehnya hal-hal baru oleh peserta didik berkenaan dengan :
A.       KES : Acuan (A) peserta didik memahami masalah yang dialaminya, Kompetensi (K) peserta didik mampu mengatasi masalah yang dialaminya, Usaha (U) peserta didik melakukan tindakan-tindakan yang efektif untuk mengatasi masalah yang dialaminya, Rasanya (R) peserta didik senang telah menyelesaikan masalah yang dialaminya, Kesungguhan (S) peserta didik sungguh-sungguh menyelesaikan masalah yang dialaminya dan memperbaiki hubungan.
B.       KES-T : Peserta didik menghindari ketidakseriusan dalam menyelesaikan masalah yang dialaminya.
C.       Ridho Tuhan, Jujur, Ikhlas dan Bekerja Keras : Memohon Ridho Allah SWT untuk melaksanakan penyelesaian masalah, jujur dalam mengungkapkan permasalahan, ikhlas menerima saran dan masukan  dan berusaha bekerja keras untuk menuntaskan masalah yang dialaminya.

VIII.       LANGKAH KEGIATAN
Layanan Konseling Kelompok (KKp) diselenggarakan melalui lima tahap layanan, yaitu tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, kesimpulan dan penutup, dalam langkah 5-an (pengantaran, penjajakan, penafsiran, pembinaan dan penilaian).
A.    Pengantaran : Tahap PEMBENTUKAN
1.         Mengucapkan salam, menerima secara terbuka, mengucapkan terima kasih dan mengajak peserta didik berdo’a untuk memulai kegiatan KKp dengan penuh perhatian, semangat dan penampilan mereka dengan melakukan kegiatan berfikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab berkenaan dengan masalah yang sedang dialami.
2.         Menjelaskan pengertian, tujuan, asas-asas dan proses kegiatan layanan KKp yang diselenggarakan. Disini ditekankan aktifitas dinamika kelompok yang diharapkan dilakukan oleh anggota kelompok.
3.         Menjelaskan bahwa kegiatan KKp yang sedang dilaksanakan merupakan kelanjutan dari layanan sebelumnya untuk mencapai tujuan dan hasil yang diharapkan.
4.         Membangun suasana keakraban, kebersamaan untuk terbangunnya dinamika kelompok yang terbuka dan penuh semangat melalui perkenalan dilanjutkan dengan rangkaian nama.

B.  Penjajakan : Tahap PERALIHAN
1.      Mengarahkan perhatian anggota kelompok dari suasana pembentukan ke suasana kegiatan, jika perlu dijelaskan kembali tentang kegiatan KKp.
2.      Menanyakan kesiapan anggota kelompok untuk memasuki tahap kegiatan.
3.      Memahami suasana kelompok apabila anggota secara keseluruhan atau sebagian masih belum siap untuk melanjutkan tahap berikutnya.
4.      Memberi contoh masalah sosial yang dapat dikemukan dan dibahas dalam kelompok.

C.  Penafsiran dan Pembinaan : Tahap KEGIATAN
1.         Menjelaskan masalah sosial yang hendaknya dikemukakan oleh anggota kelompok.
2.         Mempersilakan anggota kelompok mengemukakan masalah pribadinya secara bergantian. Para anggota diminta benar-benar memperhatikan dan memahami apa yang dikemukakan anggota lain, sambil memikirkan, merasakan dan menanggapi apa yang diungkapkan itu.
3.         Memilih/menetapkan masalah yang akan dibahas terlebih dahulu sesuai dengan persetujuan para anggota.
4.         Membahas seluruh masalah anggota secara tuntas jika waktu memungkinkan. Meminta peserta lain untuk menanggapi dan memberikan saran atau masukan terhadap hal-hal yang diungkapkan.
5.         Apabila diperlukan dapat dilakukan kegiatan selingan atau ice breaking.
6.         Selama tahap kegiatan Pemimpin Kelompok (PK) memberikan penguatan untuk membangun semangat berdinamika kelompok diantara anggota serta menegaskan komitmen anggota yang masalahnya telah dibahas (apa yang akan dilakukan berkenaan adanya pembahasan demi terentaskan masalahnya) sehingga anggota memperoleh wawasan dengan makna yang lengkap dan benar.

D.  Penilaian : Tahap KESIMPULAN
1.         Menjelaskan bahwa kegiatan BKp akan diakhiri
2.         Anggota kelompok mengemukakan kesan dan menilai kemajuan yang dicapai masing-masing (refleksi BMB3)
3.         Pesan, harapan serta tanggapan anggota kelompok

E.  Tahap PENUTUP
1.         Pembahasan kegiatan lanjutan.
2.         Mengucapkan terima kasih.
3.         Berdo’a
4.         Salam perpisahan


                                                                        Bandar Agung, .18 November 2014
                                                                        Konselor


RISKA RATNA SARI
NPM.12020042

1 comment :