BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Bimbingan
dan Konseling memiliki begitu banyak kode etik dalam pelaksanaan
keprofesionalisme pelayanan yang di berikan kepada para konseli. Salah satunya
ialah Kode Etik American Counseling Association atau yang sering kita sebut
dengan Kode Etik ACA. Kode etik ini memiliki misi yaitu meningkatkan kualitas hidup dalam masyarakat dengan
mempromosikan pengembangan konselor profesional, memajukan
konseling profesi, dan
menggunakan profesi dan praktek
dari konseling untuk mempromosikan
penghormatan terhadap martabat manusia
dan keragaman.
Berbagai
pelanggaran mengenai kode etik Bimbingan dan Konseling saat ini sudah marak
terjadi, diantaranya kasus pelecehan seksual terhadap konseli ataupun siswa
didikannya, adanya tindak kekerasan baik yang melibatkan aspek fisik maupun
psikologis kepada konseli yang dilayani serta tidak adanya asas kerahasian
antara konselor dan klien dalam proses
konseling . Beberapa hal ini merupakan pelanggaran terhadap kode etik bimbingan
dan konseling. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir pelanggaran-pelanggaran
berikutnya, maka di buatlah suatu kode etik profesi Bimbingan dan Koseling
supaya konselor tidak menyalahgunakan profesi yang dimilikinya untuk hal-hal
yang tidak baik. Selain itu, untuk memperbaiki citra buruk yang selama ini
melekat pada diri konselor ataupun guru Bimbingan dan Konseling, maka perlu
adanya kode etik.
Kode
etik profesi yang ada khususnya di bidang Bimbingan dan Konseling hanya berlaku
efektif apabila dijiwai oleh cita-cita dan nilai-nilai yang hidup dalam
lingkungan profesi itu sendiri. Setiap kode etik profesi selalu dibuat tertulis
yang tersusun secara rapi, lengkap, tanpa catatan,
dalam bahasa yang baik, sehingga menarik perhatian dan menyenangkan pembacanya.
Semua yang tergambar adalah perilaku yang baik-baik. Bukan algoritma sederhana yang dapat menghasilkan
keputusan etis atau tidak etis Kadang-kadang bagian-bagian dari kode etik dapat
terasa saling bertentangan ataupun dengan kode etik lain. Kita harus
menggunakan keputusan yang etis untuk bertindak sesuai dengan semangat kode
etik profesi. Kode etik yang baik menggariskan dengan jelas prinsip-prinsip
mendasar yang butuh pemikiran, bukan kepatuhan membuta.
Dari permasalahan tersebut diatas, maka dapat
disimpulakan bahwa kode etik sangatlah diperlukan guna menunjang profesionaltas
seorang konselor, dan untuk itu penulis tertarik untuk lebih lanjut menulis hal
tersebut dalam makalah ini.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut.
1. Pengertian
Kode Etik Konselor
2. Dasar
Kode Etik Profesi BK
3. American
Counseling Association (ACA)
4. Kode
Etik American Counseling Association (ACA)
5.
Kasus-Kasus Pelanggaran Etika Profesi Bimbingan
Konseling
6.
Keterbatasan Kode Etik
C. Tujuan
dan Manfaat
1. Tujuan
Adapun tujuan dari
penulsan makalah ini yaitu:
a. Untuk
mengetahui lebih luas tentang kode etik Profesi BK.
b. Untuk
memperoleh informasi tentang kode etik American Counseling Association (ACA)
c. Untuk
mengetahui tentang keterbatasan kode etik .
2. Manfaat
Adapun manfaat yang di
peroleh melalui penulisan makalah ini yaitu:
a. Memperoleh
informasi yang lebih luas mengenai kode etik American Counseling Association
(ACA).
b. Sebagai
suatu sumbangan pemikiran bagi pendidikan melalui bahasa ilmiah.
c. Sebagai
salah satu syarat menyelesaikan mata kuliah Pengembangan Profesi Bimbingan dan
Konseling pada Jurusan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbingan dan Konseling
di SKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA DAN PEMBAHASAN
A. Tinjauan
Pustaka
1. Pengertian
Kode Etik
Kode Etik Dapat
diartikan pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu
kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai
pedoman berperilaku. Dalam kaitannya dengan profesi, bahwa kode etik merupakan
tata cara atau aturan yang menjadi standart kegiatan anggota suatu profesi.
Suatu kode etik menggambarkan nilai-nilai professional suatu profesi yang
diterjemahkan kedalam standaart perilaku anggotanya. Nilai professional paling
utama adalah keinginan untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat (Husna
Elviza, 2009).
Kode etik profesi
adalah norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap tenaga profesi dalam
menjalankan tugas profesi dan dalam kehidupannya dimasyarakat. Norma-norma itu
berisi apa yang tidak boleh, apa yang seharusnya dilakukan, dan apa yang
diharapkan dari tenaga profesi. Pelanggaran terhadap norma-norma tersebut akan
mendapat sanksi (Dirjen Dikti Depdiknas, 2004).
Kode Etik Bimbingan dan Konseling Indonesia merupakan
landasan moral dan pedoman tingkah laku profesional yang dijunjung tinggi,
diamalkan dan diamankan oleh setiap profesional Bimbingan dan Konseling
Indonesia .
Selanjutnya, Kode etik juga merupakan serangkaian ketentuan dan
peraturan yang disepakati bersama guna mengatur tingkah laku para anggota
organisasi. Kode etik lebih meningkatkan pembinaan anggota sehingga mampu
memberikan sumbangan yang berguna dalam
pengabdiannya di masyarakat.
(Drs. lg. Wursanto: 2003).
Jadi, Kode etik bimbingan dan konseling
adalah ketentuan-ketentuan atau peraturan-peraturan yang harus di taati oleh
siapa saja yang ingin berkecimpung dalam bidang bimbingan dan konseling demi
untuk kebaikan.
Kode etik
didalam bidang bimbingan dan konseling dimaksudkan agar bimbingan dan konseling
tetap dalam keadaan baik, serta di harapkan akan menjadi semakin baik. Kode
etik mengandung ketentuan-ketentuan yang tidak boleh dilanggar atau diabaikan
tanpa membawa akibat yang tidak menyenangkan.
2.
Dasar Kode Etik Profesi BK
Adapun dasar-dasar dari kode etik profesi dari bimbingan dan
konseling itu sendiri, antara lain:
a.
Pancasila, mengingat profesi bimbingan
dan konseling merupakan usaha pelayanan terhadap sesama manusia dalam rangka
ikut membina warga negara Indonesia yang bertanggung jawab
b.
Undang-Undang Dasar 1945
c.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional
d. Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
(pasal 28 ayat 1, 2 dan 3 tentang standar pendidik dan tenaga kependidikan)
e. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2008 tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.
f. Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
3.
American
Counseling Association (ACA)
The American Counseling Association (ACA) adalah asosiasi
profesional untuk semua konselor. Misi dari organisasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dalam masyarakat dengan
mempromosikan pengembangan konselor profesional, memajukan
konseling profesi, dan
menggunakan profesi dan praktek
dari konseling untuk mempromosikan
penghormatan terhadap martabat manusia
dan keragaman. Secara organisasi ACA adalah
organisasi yang mewakili kemitraan kemitraan konselor profesional yang meningkatkan
pembangunan manusia. Hal ini terdiri dari 18 divisi yang mewakili pengaturan
kerja tertentu atau bidang minat dalam bidang konseling; 56 negara atau
afiliasi cabang, yang terbagi menjadi 4 wilayah yang mewakili wilayah geografis
utama; beberapa organisasi dan afiliasinya, yang meningkatkan layanan anggota.
Melalui kegiatan dan entitas, ACA mempengaruhi semua aspek konseling
profesional. Daerah ini termasuk credentialing konselor dan akreditasi program
pendidikan konselor, mengembangkan dan menyebarkan standar etika, yang
menawarkan pengembangan profesional, menawarkan sumber daya profesional dan
jasa, dan mempengaruhi kebijakan publik dan perundang-undangan.
ACA memiliki 14 komite berdiri yang membahas banyak bisnis
profesional dari asosiasi. Salah satu komite adalah Komite Etika, yang
bertanggung jawab untuk memperbarui standar etika untuk asosiasi dan
menyelidiki dan menengahi keluhan etis. Ketika bergabung dengan ACA, seseorang
harus menandatangani pernyataan setuju untuk mematuhi Kode Etik dan Standar
Praktek. Informasi tambahan tentang etika, isu-isu etika, dan perilaku
profesional tersedia melalui sejumlah layanan dan sumber daya yang ditawarkan
oleh asosiasi. ACA dan entitas yang menawarkan berbagai pelatihan dan
kesempatan pengembangan profesional.
The American School Counselor Association (ASCA) menjadi
sebuah divisi dari ACA di tahun 1953 Selama beberapa tahun terakhir ini telah
menjadi organisasi yang lebih otonom, namun masih mammm divisi. ASCA mendukung
fokus konselor sekolah profesional 'pada pengembangan akademik, pribadi/sosial
dan karir untuk semua siswa. Struktur ASCA mirip dengan ACA. ASCA memiliki
sejumlah komite. Salah satunya adalah Komite Etika. Komite ini bertanggung
jawab untuk pengembangan Sebuah Standar Etika untuk Konselor Sekolah, kode etik
bagi comodnm sekolah profesional yang akan dibahas pada bagian berikutnya. ASCA
mensponsori konferensi nasional dan jumlah oflana kegiatan pengembangan
profesional bagi konselor sekolah profesional.
Standar
etika biasanya dikembangkan oleh asosiasi profesional untuk membimbing perilaku
kelompok tertentu profesional. Menurut Herlihy dan Corey (1996), standar etika
melayani tiga tujuan: mendidik anggota tentang perilaku etis suara, menyediakan
mekanisme untuk akuntabilitas, dan melayani sebagai sarana untuk meningkatkan
praktek profesional. Kode etik yang diperbarui secara berkala untuk memastikan
relevansi dan kelayakan dan semua asosiasi menjamin masukan dari stakeholder
dalam proses. Kode etik didasarkan pada norma-norma yang berlaku umum,
kepercayaan, adat istiadat dan nilai-nilai (Fischer & Sorenson, 1996). Kode
etik juga melayani fungsi lain yang penting-mereka melindungi dan mendidik
masyarakat tentang standar perilaku mereka harus harapkan dari konselor.
Kode
Etik dan Standar Praktik ACA didasarkan pada lima prinsip moral (Herlihy &
Corey, 1996) yang memandu perilaku konselor Otonomi mengacu pada kemampuan
klien untuk memilih dan untuk membuat keputusan tentang perilaku mereka dan
pilihan-pilihan bagi diri mereka sendiri. Selalu mempromosikan bahwa konselor
melayani pertumbuhan dengan baik dari klien. Keadilan mengacu pada keadilan
dalam hubungan konselor 'dan termasuk perlakuan yang adil dan pertimbangan dari
klien. Prinsip terakhir adalah kesetiaan, yang mengacu pada kejujuran dalam
hubungan klien-konselor, menghormati komitmen seseorang untuk klien dan
membangun hubungan yang menerima.
4. Kode Etik American Counseling
Association (ACA)
Kode
Etik ACA melayani lima tujuan utama:
a. Kode ini memungkinkan asosiasi untuk menjelaskan untuk saat
ini dan calon anggota, dan untuk mereka yang dilayani oleh anggota,
sifat tanggung jawab etis yang diselenggarakan bersama oleh
anggotanya.
sifat tanggung jawab etis yang diselenggarakan bersama oleh
anggotanya.
b. Kode ini membantu mendukung misi asosiasi.
c. Kode ini menetapkan prinsip-prinsip yang menentukan
perilaku etis dan praktik terbaik dari anggota asosiasi.
d. Kode berfungsi sebagai panduan etika yang dirancang untuk
membantu anggota dalam membangun kursus profesional tindakan
yang terbaik melayani mereka layanan konseling dan memanfaatkan terbaik mempromosikan nilai-nilai dari profesi konseling.
yang terbaik melayani mereka layanan konseling dan memanfaatkan terbaik mempromosikan nilai-nilai dari profesi konseling.
e. Kode tersebut berfungsi sebagai dasar untuk pengolahan
etis
keluhan dan pertanyaan dimulai terhadap anggota asosiasi.
keluhan dan pertanyaan dimulai terhadap anggota asosiasi.
Kode
Etik (ACA, 1995) dibagi menjadi delapan wilayah, yaitu:
§ Bagian A: Hubungan Konseling -
mencakup semua bidang yang terkait dengan sifat hubungan dengan klien. Ini
termasuk subtopik berikut: kesejahteraan klien, hak-hak klien, klien yang
dilayani oleh orang lain, kebutuhan pribadi dan nilai-nilai, hubungan ganda,
keintiman seksual dengan klien, beberapa klien, kerja kelompok, biaya dan
barter, terminasi dan rujukan, dan teknologi komputer. Secara umum konselor
harus selalu menempatkan kepentingan terbaik klien mereka yang pertama dan
memastikan bahwa klien memahami tingkat dan keterbatasan konseling.
§ Bagian B: Kerahasiaan - mencakup
semua bidang yang terkait dengan hak-hak kerahasiaan dari klien dan membahas
batas-batas kerahasiaan. Ini termasuk subtopik berikut: hak atas privasi,
kelompok dan keluarga, klien kecil atau tidak kompeten, catatan, penelitian dan
pelatihan, dan konsultasi.
§ Bagian C: Tanggung Jawab Profesional
- mencakup tanggung jawab konselor 'terhadap klien mereka, diri mereka,
profesional lain dan masyarakat. Ini termasuk subtopik berikut: standar
pengetahuan, kompetensi profesional, klien iklan dan meminta, kepercayaan,
tanggung jawab publik, dan tanggung jawab kepada profesional lainnya.
§ Bagian D: Hubungan dengan
Profesional Lain - mencakup isu-isu kerja pengaturan dan termasuk subtopik
berikut: hubungan dengan majikan dan karyawan, konsultasi, biaya untuk
referensi, dan pengaturan subkontraktor.
§ Bagian E: Evaluasi, Penilaian, dan
Interpretasi - standar mencakup terkait dengan penilaian klien, keterampilan
konselor, dan kesesuaian penilaian. Ini termasuk subtopik berikut: isu-isu
penilaian umum, kompetensi menggunakan dan menafsirkan tes, informed consent
untuk penilaian, informasi melepaskan, diagnosis yang tepat gangguan mental,
seleksi tes, kondisi administrasi tes, keragaman dalam pengujian, penilaian dan
interpretasi tes, keamanan tes , tes usang dan hasil tes usang, dan konstruksi
tes.
§ Bagian F: Pengajaran, Pelatihan, dan
Pengawasan - mencakup masalah yang berkaitan dengan pelatihan dan program
konselor konselor pendidikan. Ini mencakup subtopik berikut: pendidik konselor
dan pelatih, konselor pendidikan dan program pelatihan, dan mahasiswa dan
supervisees.
§ Bagian G: Penelitian dan Publikasi -
mencakup masalah yang berkaitan dengan perlakuan etis dari subyek dan prosedur
penelitian etis. Subtopik termasuk tanggung jawab penelitian, informed consent,
hasil pelaporan, dan publikasi.
§ Bagian H: Menyelesaikan Masalah Etis
- mencakup prosedur konselor profesional harus diikuti jika mereka tersangka
lain konselor perilaku yang tidak etis. Subtopik meliputi: pengetahuan tentang
standar, dugaan pelanggaran, dan kerjasama dengan komite etika.
5.
Kasus-Kasus Pelanggaran Etika Profesi Bimbingan
Konseling
Kasus-kasus yang sering terjadi di
lingkungan profesi Bimbingan Konseling :
a.
Memaparkan
bahwa sekolah dan guru tidak lagi percaya dan dipercaya sebagai pendidik
dan pengajar. Tugas mereka telah digantikan dengan bimbingan belajar atau
bimbel. Menurutnya, fenomena bimbel di sekolah menunjukkan kenyataan,
kepentingan siswa telah diperalat demi kepentingan lain terutama demi
kepentingan bisnis. Etika profesi pun digadaikan demi uang. Tugas mendidik dan
mengajar merupakan hak dan kewajiban yang menjadi monopoli seorang guru.
Ketika tugas tersebut diserahkan oleh pihak lain yang tidak mempunyai
kewenangan profesi, maka etika profesi mulai tidak berada pada jalurnya.
Dalam hal ini tugas mendidik dan mengajar guru dilakukan secara
tidak profesional.
b.
Wacana
yang belakangan mengemuka, persoalan pelanggaran etika keilmuan/profesi sering
hanya ditujukan kepada praktik-praktik plagiarisme, yaitu penjiplakan,
penggandaan, pengutipan, atau penyaduran, manipulasi data, menjiplak, mengutip
dari karya keilmuan/profesi orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Pelanggaran
etika keilmuan/profesi hanya dipersepsi sebagai persoalan “plagarisme” semata.
Seperti sudah dikemukakan sebelumnya, etika keilmuan/profesi mencakup enam
wilayah, dan dari berbagai sumber yang sempat diakses, pelanggaran etika
keilmuan/profesi banyak jenisnya.
c.
Seorang
konselor yang dengan sengaja mempublikasikan data pribadi klien kepada semua
orang
d.
Ketika
melakukan proses konseli, konselor yang mengambil keuntungan dari masalah yang
dihadapi klien
B.
Pembahasan
Kode etik Bimbingan dan Konseling
merupakan keseluruhan peraturan yang berlaku pada organisasi tertentu di bidang
bimbingan dan konseling, yang mengatur bagaimana, mengapa, dan apa yang menjadi
hak maupun kewajiban seorang konselor atau klien dalam suatu hubungan yang
dinamakan hubungan konseling. Dengan adanya kode etik dapat
mengatur bagaimana para konselor sekolah bertindak dan berperilaku baik saat
memberikan layanan maupun dalam kesehariannya. Karena citra buruk yang selama
ini melekat pada konselor di sekolah disebabkan kurangnya penegakan kode etik
jabatan dari para konselor itu sendiri. Sehingga untuk mengembalikan citra
konselor menjadi baik, dan meminimalisir terjadinya pelanggaran dan penyalahgunaan
profesi, dapat dilakukan dengan penegakan kode etik profesi itu sendiri.
Kode
etik profesi mengikat para pelaksana profesi konseling dalam menjalankan
kegiatan profesionalnya. Kesalahan-kesalahan yang diperbuat akan diberikan
sanksi sesuai dengan aturan yang ada didalam kode etik tersebut, sanksi ini
diberikan oleh organisasi profesi. Kode etik profesi yang ada khususnya di bidang
Bimbingan dan Konseling hanya berlaku efektif apabila dijiwai oleh cita-cita
dan nilai-nilai yang hidup dalam lingkungan profesi itu sendiri.
Kode Etik dan Standar Praktik ACA
didasarkan pada lima prinsip moral (Herlihy & Corey, 1996) yang memandu perilaku
konselor Otonomi mengacu pada kemampuan klien untuk memilih dan untuk membuat
keputusan tentang perilaku mereka dan pilihan-pilihan bagi diri mereka sendiri.
Selalu mempromosikan bahwa konselor melayani pertumbuhan
dengan baik dari klien. Keadilan mengacu pada keadilan dalam
hubungan konselor 'dan termasuk perlakuan yang adil dan pertimbangan dari
klien. Prinsip terakhir adalah kesetiaan, yang mengacu pada kejujuran dalam
hubungan klien-konselor, menghormati komitmen seseorang untuk klien dan membangun
hubungan yang menerima.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan materi yang telah
disajikan diatas, maka penulis mengambil beberapa kesimpulan, diantaranya :
1. Suatu profesi tidak bisa dikatakan
professional apabila seorang konselor atau seorang guru bimbingan dan konseling
tidak memperhatikan kode etik dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling.
2.
Dasar Kode Etik Profesi BK, antara lain Pancasila, Undang-Undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (pasal 28
ayat 1, 2 dan 3 tentang standar pendidik dan tenaga kependidikan), Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2008 tentang
Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor, Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
3. Kode Etik (ACA, 1995) dibagi menjadi
delapan wilayah, yaitu:
Bagian
A: Hubungan Konseling
Bagian
B: Kerahasiaan
Bagian
C: Tanggung Jawab Profesional
Bagian
D: Hubungan dengan Profesional Lain
Bagian
E: Evaluasi, Penilaian, dan Interpretasi
Bagian
F: Pengajaran, Pelatihan, dan Pengawasan
Bagian
G: Penelitian dan Publikasi
Bagian
H: Menyelesaikan Masalah Etis
B.
Saran
Adapun saran yang diberikan kepada
para pembaca sebagai berikut.
1. Sebaiknya para konselor bukan hanya
mengetahui kode etik dalam Bimbingan dan
Konseling, namun juga menerapkannya dalam hidup sehari-hari di masyarakat serta
selalun memperbaharui diri dengan informasi terkait peningkatan profesionalitas
kinerjanya.
2. Untuk dapat menghilangkan citra
buruk konselor yang banyak melakukan pelanggaran terkait kode etik profesi
Bimbingan dan Konseling, seorang konselor atau guru BK harusnya bertindak
dan berperilaku baik saat memberikan layanan maupun dalam kesehariannya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://benuafitria.blogspot.com/2011/11/tugas-review-1setting-layanan-konteks.html.
Diakses tanggal 27 Maret 2013.
http://sevli074.wordpress.com/2009/05/12/tugas-2-makalah-tentang-pentingnya-kode-etik-profesi/.
Diakses tanggal 29 Maret 2013.
American Association for
Counseling and Development/Association for Measurement and Evaluation in
Counseling and Development. (1989). The responsibilities of users of
standardized tests (rev.).Washington, DC: Author.
American Counseling
Association. (1995) (Note: This is ACA's previous edition of its ethics
code).Ethical standards. Alexandria, VA: Author.
American Psychological
Association. (1985). Standards for educational and psychological testing
(rev.).Washington, DC: Author.
No comments :
Post a Comment