http://i560.photobucket.com/albums/ss44/erge32/EkaSidebar.gif

Semoga bermanfaat untuk kawan-kawanku n juga bagi publik,, :)

Guidance and Counseling Riska Ratna

Tuesday, 29 January 2013

manjemen dan administrasi Bimbingan dan Konseling (BK)



MK : Administrasi dan organisasi dalam BK
Konsep dasar manajemen BK
Pengertian
Manajemen merupakan keseluruhan proses aktivitas yang dilakukan oleh sekelompok manusia dalam suatu system organisasi dengan menggunakan segala sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Tujuan: Untuk mempermudah pencapaian suatu tujuan.
Fungsi
a.    Menciptakan suatu kordinasi dan komunikasi tugas setiap personel dan antara personel organisasi.
b.    Mendorong setiap personel melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien
c.    Memudahkan pelaksanaan analisis tugas dan tanggungjawab setiap personel secara efektif
Aspek manajemen menurut Babbage, Taylor, Fayol, Henry Gantt, dan Gillbert :
a.    Perencanaan (planning)
b.    Pengoorganisasian (organizing)
c.    Pengarahan (actuating)
d.    Koordinasi (coordinating)
e.    Pengawasan (controlling)
Konsep dasar pengoorganisasian BK
Pengertian
Pengoorganisasian berarti suatu bentuk kegiatan yang menyangkut cara kerja, prosedur kerja, dan pola atau mekanisme kerja kegiatan layanan BK.
Manfaat
a.    Agar setiap personel bimbingan menyadari tugas, peranan, kedudukan, wewenang dan tanggungjawab masing-masing.
b.    Agar terhindar dari terjadinya tumpang tindih tugas diantara personel bimbingan.
c.    Agar terjadi mekanisme kerja secara baik dan teratur.
d.    Agar tercapai kelancaran, efisien, dan efektivitas pelaksanaan program layanan BK.
Tujuan: Manifestasi dari tujuan-tujuan BK itu sendiri.
Administrasi BK
Pengertian
a.    The Liang Gie
Administrasi adalah  segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilaksanakan oleh sekelompok orang dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan.
b.    Sondang P. Siagian
Administrasi adalahkeseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih didasarkan atas rasionalitas tertentu, untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Secara luas; kerjasama untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada tingkat sekolah, sebagai salah satu bentuk kerjasama diantara semua personel sekolah (kepsek,guru, staff TU, murid, dan orang di luar lingkungan sekolah yang ada kaitannya)
Secara sempit; kegiatan ketatausahaan yang intinya kegiatan rutin catat-mencatat, mendokumentasikan kegiatan, menyelenggarkan surat –menyurat dengan segala aspek serta membuat laporan.
Jadi, administrasi adalah kegiatan pengendalian kerjasama sejumlah orang secara sistematis, terarah, dan berencana guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Tugas pokok adminitrasi BK
Merencanakan keseluruhan program-program pendidikan di sekolah, mengkoordinasikan semua kegiatan supaya tujuan instusional tercapai dan mengawasi pelaksanaan dari kegiatan-kegiatan itu.
 Fungsi
Mengarahkan semua kegiatan  di sekolah supaya tujuan institusional dapat tercapai seefisien mungkin dan mencakup segala usaha untuk mendayagunakan semua sumber, baik personil, maupun materiil yang menunjang tercapainya pendidikan itu.
Fungsi bidang administrasi terlaksana melalui :Perencanaan, Pengoorganisasian, Pengaturan dan pengarahan, Pengkoordinasian, Pengawasan.
Asas administrasi
a.    Efisiensi
b.    Pengolahan
c.    Pengutamaan tugas pengolahan
d.    Kepemimpinan efektif
e.    Kerjasama
Kegiatan layanan
a.    Layanan orientasi
b.    Layanan informasi
c.    Layanan penempatan dan penyaluran
d.    Layanan pembelajaran
e.    Layanan konseling individual
f.     Layanan bimbingan kelompok
g.    Layanan konseling kelompok
h.    Layanan konsultasi
i.      Layanan mediasi
Kegiatan pendukung
a.    Aplikasi instrumentasi
b.    Himpunan data
c.    Konferensi kasus
d.    Alih tangan kasus
e.    Kunjungan rumah
f.     Tampilan kepustakaan
Struktur program  BK dalam jalur pendidikan formal
a.      Rasionel
Menuliskan landasan , konseptual, hukum, dan empiris mengapa di sekolah perlu dikembangkan layanan BK.
Contoh:
Pencapaian prestasi akademik memerlukan dukungan penguasaan keterampilan akademik.
Landasan hukum : peraturan yang secara langsung mendasari program ex. rambu-rambu pelksanaan BK pada jalur pendidikan formal,2008.
Landasan empiris: (kondisi nyata  sasaran layanan, peserta didik secara khusus, maupun stakeholder pendidikan di sekolah. Ex.75% peserta didik memiliki IQ diatas rata-rata, tetapi 30% rata-rata hasil belajar dicapai melalui proses remedial untuk mencapai KKM.
b.    Visi dan misi
Rumusan visi misi program dituturkan dari visi misi sekolah, kemudian tetapkan visi misi layanan BK.
c.    Deskripsi kebutuhan
Penetapan kebutuhan berdasarkan atas data yang diperoleh dengan mempergunakan instrument yang dimiliki.
d.    Tujuan
Tujuan BK dalam 1 tahun berdasarkan analisa kebutuhan.
e.    Komponen program
Program BK  perkembangan meliputi 4 komponen program, yaitu :
1.      Layanan dasar
Merupakan layanan bantuan bagi seluruh peserta didik (for all) melalui kegiatan kelas atau luar kelas.
Tujuan:
membantu peserta didik agar memperoleh perkembangan yang normal, memilki mental yang sehat, dan memperoleh keterampilan dalam hidupnya.

2.      Layanan responsive
Merupakan layanan bantuan bagi seluruh peserta didik yang memiliki kebutuhan atau masalah yang memerlukan pertolongan dengan segera (immediate needs ami concerns).
Tujuan:
Untuk membantu peserta didik dalam memenuhi kebutuhannya yang dirasakan saat ini, atau para peserta didik yang dipandang mengalami hambatan (kegagalan) dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya.

3.      Perencanaan individual
Merupakan layanan bantuan kepada semua peserta didik agar mampu membuat dan melaksanakan perencanaan masa depannya, berdasarkan pemahamanakan kekuatan dan kelemahan dirinya.
Tujuan:
untuk membimbing peserta didik agar memilki kemampuan untuk merumuskan tujuan, perencanaan, atau pengelolaan terhadap pengembangan dirinya, baik menyangkut aspek pribadi, social, belajar maupun karir; dapat belajar memantau dan memahami perkembangan dirinya; dan dapat melakukan kegiatan atau tindakan berdasarkan pemahamannya atau tujuan yang telah dirumuskan secara proaktif.

4.      Dukungan system ( system support)
Merupakan komponen program yang secara tidak langsung memberikan bantuan kepada peserta didik atau memfasilitasi
 Kelancaran perkembangan peserta didik.
Tujuan :
memantapkan, memelihara, dan meningkatkan prog ram BK secara menyeluruh melalui pengembangan profesiona; hubungan masyarakat dan staf, konsultasi dengan guru, staf ahli/penasehat, masyarakat yang lebih luas; managemen program; penelitian dan pengembangan.


2 comments :

  1. mbak ini referensinya dari mana aja ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini materi kuliah dari dosen saya di STKIPM Pringsewu
      judul diktat nya "administrasi dan organisasi BK" tahun 2011

      Delete