Tujuan bimbinngan karir
1.
Dapat memahami dan menilai dirinya sendiri
terutama yang berkaitan dengan potensi yang ada dalam dirinya mengenai
kemampuan, minat, bakat, sikap dan cita-citanya
2.
Menyadari dan memahami nilai-nilai yang ada
dalam dirinya dan yang ada dalam
masyarakat.
3.
Mengetahui berbagai jenis pekerrjaan yang
berhubungan dengan potensi yang ada dalam dirinya, mengetahui jenis-jenis
pendidikan dan latihan yang diperlukan bagi suatu bidang tertentu, memahami
hubungan usaha dirinya yang sekarsng dengan masa depan.
4.
Menemukan hambatan-hambatan yang mungkin timbul
yang disebabkan oleh dirinya sendiri dan factor lingkungan serta mencari jalan
untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut
5.
Para siswa dapat merencanakan masa depannya
serta menemukan karir yang sesuai dalam kehidupannya.
Fungsi bimbingan karir
1.
Fungsi bimbingan karir di sekolah
a.
Memberikan kemantapan pilihan jurusan kepada
siswa, karena penjurusan akan mempersiapkan siswa dalam bidang pekerjaan yang
kelak di inginkan.
b.
Memberikan bekal pada siswa yang tidak
melanjutkan sekolah untuk dapat siap kerja sesuai dengan keinnginannya.
c.
Membantu kemandirian bagi siswa yang ingin
ataupun harus belajar sambil bekerja.
Mengacu pada fungsi BK secara umum
1.
Fungsi pencegahan, memberian siswa
informasi-informasi mengenai diri dan dunia kerjanya untuk mencegah atau
mengurangi timbulnya masalah-masalah dim as mendatang.
2.
Fungsi pemahaman, BK karir memberikan pemahaman
kepada siswa tentang gambaran dirinya
dengan dunia kerja.
3.
Fungsi penyaluran, membantu siswa dalam memilih
jurusan sekolah, jenis sekolah, dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan
minat, bakat, dan cirri-ciri kepribadian dirinya.
4.
Fungsi adaptasi, membantu siswa untuk
menyesuaikan program pendidikan terhadap minat, kemampuan, dan kebutuhhan
hidupnya dimasa mendatang.
Prinsip-prinsip bimbingan karir
1.
Seluruh siswa memilikik kemampuan untuk
mengembangkan dirinya dalam pencapaian karirnya secara tepat. Tidak aada
pengecualian baik itu yang kaya maupun yang miskin atau factor lainnya.
2.
Setiap siswa harus kemahami bahwa karir itu
adlah sebagai suatu jalan hidup dan pendidikan adalah sebagai persiapan dalam
hidup
3.
Siswa hendaknnya dibantu dalam mengembangkan
pemahaman yang cukup memadai terhadap diri sendiri dan karirnya dengan
perkembangan social pribadi dan perencanaan pendidikan karir.
4.
Siswa secara keseluruhan hendaknya dibantu untuk
memperoleh pemahaman tentang hubungan antara pendidikan dan karirnya.
5.
Setiap siswa hendaknya memiliki kesempatan untuk
mengkaji konsep, berbagai peranan dan keterampilannya guru mengembangkan
nilai-niali dan norma-norma yang memiliki aplikasi karir bagi masa depanya.
6.
Program bimbingan karir di sekolah hendaknya di
integrasikan secara fungsional dengan program BK pada khususnya.
No comments :
Post a Comment