http://i560.photobucket.com/albums/ss44/erge32/EkaSidebar.gif

Semoga bermanfaat untuk kawan-kawanku n juga bagi publik,, :)

Guidance and Counseling Riska Ratna

Friday 12 April 2013

Bimbingan Karier



Tujuan bimbinngan karir
1.       Dapat memahami dan menilai dirinya sendiri terutama yang berkaitan dengan potensi yang ada dalam dirinya mengenai kemampuan, minat, bakat, sikap dan cita-citanya
2.       Menyadari dan memahami nilai-nilai yang ada dalam dirinya dan  yang ada dalam masyarakat.
3.       Mengetahui berbagai jenis pekerrjaan yang berhubungan dengan potensi yang ada dalam dirinya, mengetahui jenis-jenis pendidikan dan latihan yang diperlukan bagi suatu bidang tertentu, memahami hubungan usaha dirinya yang sekarsng dengan masa depan.
4.       Menemukan hambatan-hambatan yang mungkin timbul yang disebabkan oleh dirinya sendiri dan factor lingkungan serta mencari jalan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut
5.       Para siswa dapat merencanakan masa depannya serta menemukan karir yang sesuai dalam kehidupannya.
Fungsi bimbingan karir
1.       Fungsi bimbingan karir di sekolah
a.       Memberikan kemantapan pilihan jurusan kepada siswa, karena penjurusan akan mempersiapkan siswa dalam bidang pekerjaan yang kelak di inginkan.
b.      Memberikan bekal pada siswa yang tidak melanjutkan sekolah untuk dapat siap kerja sesuai dengan keinnginannya.
c.       Membantu kemandirian bagi siswa yang ingin ataupun harus belajar sambil bekerja.
Mengacu pada fungsi BK secara umum
1.       Fungsi pencegahan, memberian siswa informasi-informasi mengenai diri dan dunia kerjanya untuk mencegah atau mengurangi timbulnya masalah-masalah dim as mendatang.
2.       Fungsi pemahaman, BK karir memberikan pemahaman kepada siswa  tentang gambaran dirinya dengan dunia kerja.
3.       Fungsi penyaluran, membantu siswa dalam memilih jurusan sekolah, jenis sekolah, dan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan cirri-ciri kepribadian dirinya.
4.       Fungsi adaptasi, membantu siswa untuk menyesuaikan program pendidikan terhadap minat, kemampuan, dan kebutuhhan hidupnya dimasa mendatang.
Prinsip-prinsip bimbingan karir
1.       Seluruh siswa memilikik kemampuan untuk mengembangkan dirinya dalam pencapaian karirnya secara tepat. Tidak aada pengecualian baik itu yang kaya maupun yang miskin atau factor lainnya.
2.       Setiap siswa harus kemahami bahwa karir itu adlah sebagai suatu jalan hidup dan pendidikan adalah sebagai persiapan dalam hidup
3.       Siswa hendaknnya dibantu dalam mengembangkan pemahaman yang cukup memadai terhadap diri sendiri dan karirnya dengan perkembangan social pribadi dan perencanaan pendidikan karir.
4.       Siswa secara keseluruhan hendaknya dibantu untuk memperoleh pemahaman tentang hubungan antara pendidikan dan karirnya.
5.       Setiap siswa hendaknya memiliki kesempatan untuk mengkaji konsep, berbagai peranan dan keterampilannya guru mengembangkan nilai-niali dan norma-norma yang memiliki aplikasi karir bagi masa depanya.
6.       Program bimbingan karir di sekolah hendaknya di integrasikan secara fungsional dengan program BK pada khususnya.

No comments :

Post a Comment