RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Nama Sekolah
|
:
|
|||
Kelas
|
:
|
|||
Tahun Pelajaran (Semester)
|
:
|
|||
A.
|
Tugas Perkembangan
|
:
|
Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman
sebaya dalam peranannya sebagai pria dan wanita.
|
|
B.
|
Bidang Bimbingan
|
:
|
Pribadi
|
|
C.
|
Rumusan Kompetensi
|
:
|
Menerima peran pribadi dalam kelompok sebaya
sebagai Pria dan Wanita
|
|
D.
|
Topik / Materi
|
:
|
Etika Pergaulan Islam antara Pria dan Wanita
|
|
E.
|
Tujuan Layanan
|
:
|
1.
|
Siswa memiliki perasaan senang dalam
mengikuti layanan tentang etika pergaulan Islam antara pria dan wanita.
|
2.
|
Siswa memiliki pemahaman baru mengenai etika
pergaulan Islam antara pria dan wanita.
|
|||
3.
|
Siswa memiliki kecenderungan untuk bergaul
dengan berdasar kepada etika pergaulan Islam antara pria dan wanita.
|
|||
4.
|
Siswa memiliki keyakinan bahwa materi layanan
tentang etika pergaulan Islam antara pria dan wanita memberi dampak positif/
bermanfaaat bagi dirinya
|
|||
F.
|
Jenis Layanan
|
:
|
Layanan Informasi
|
|
G.
|
Fungsi Layanan
|
:
|
Pencegahan dan Pemahaman
|
|
H.
|
Model/ Pendekatan
|
:
|
Model Pembelajaran Kontruktivisme
|
|
I.
|
Uraian Kegiatan
|
:
|
1.
|
Menjelaskan secara terbuka tentang
pokok-pokok materi.
|
2.
|
Memberi kesempatan kepada siswa dalam
kelompok untuk bertanya.
|
|||
3.
|
Memberikan masalah pada siswa untuk di
pecahkan.
|
|||
4.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusias siswa
dalam berdiskusi berkelompok.
|
|||
5.
|
Memberikan penghargaan terhadap siswa dalam
diskusi kelompok.
|
|||
J.
|
Tempat Penyelenggaraan
|
:
|
Ruang Kelas X (Sepuluh)
|
|
K.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x 30 menit
|
|
L.
|
Pihak yang disertakan
|
:
|
Siswa dan Konselor (Guru Pembimbing)
|
|
M.
|
Alat dan Perlengkapan
|
:
|
LCD Projector, Lap Top, Powerpoint, dan bahan
bacaan
|
|
N.
|
Rencana Penilaian
|
:
|
Layanan Segera (Penilaian Proses dan Hasil)
|
|
O.
|
Rencana Tindak Lanjut
|
:
|
Penerapan pada kehidupan sehari-hari
|
|
P.
|
Catatan Khusus
|
:
|
………………..., 12 Mei 2013
Perencana Pelayanan,
.........................................
INSTRUMEN PENILAIAN
PROSES LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Konselor :
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
Kelas :
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
Topik :
No
|
Aspek
Kinerja Yang Dinilai
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
|||
A.
|
Tahap Perencanaan
|
|||||
1
|
Perumusan Tujuan Layanan
|
|||||
2
|
Kesesuaian tujuan dengan materi layanan
|
|||||
3
|
Perencanaan kegiatan siswa
|
|||||
4
|
Pemilihan teknik layanan
|
|||||
5
|
Evaluasi hasil layanan
|
|||||
B.
|
Tahap Pelaksanaan
|
|||||
6
|
Kemampuan penggunaan waktu
|
|||||
7
|
Kemampuan menyajikan materi
|
|||||
8
|
Kemampuan mengembangkan kegiatan siswa
|
|||||
9
|
Kemampuan menumbuhkan kreativitas siswa
|
|||||
10
|
Kemampuan pengelolaan kelas
|
|||||
11
|
Kemampuan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar
|
|||||
12
|
Kemampuan menumbuhkan siswa dalam mengemukakan masalah
|
|||||
13
|
Kemampuan berbahasa
|
|||||
14
|
Kemampuan menumbuhkan suasana yang menyenangkan
|
|||||
15
|
Kemampuan menggunakan teknik dan metode
|
|||||
16
|
Kemampuan mengevaluasi hasil
|
|||||
Jumlah
Skor
|
||||||
Kriteria
Kinerja Guru
|
Kriteria Hasil Bulan
Bintang, 12 Mei 2013
36 – 48 : Sangat Baik Konselor,
24 – 35 : Baik
12 – 23 : Kurang Baik
0 – 11 : Tidak Baik …………………
Hambatan:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Factor Penunjang:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
Nama Siswa : ……………………………………………………………………………………………………………………………………...
Kelas : ………………………………………………………………………………………………………………………………………
Topik :
No
|
Aspek/
Pernyataan
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
|||
A.
|
Pemahaman Baru
|
|||||
1
|
Melalui layanan ini membuat saya memahami pengertian
dari materi yang telah di sampaikan.
|
|||||
2
|
Melalui layanan ini saya memahami pentingnya
beretika yang baik dalam bergaul antar teman.
|
|||||
3
|
Melalui layanan ini saya memahami manfaat dan
kegunaan dari materi yang disampaikan.
|
|||||
4.
|
Melalui layanan ini saya mengetahui mana yang
seharusnya saya lakukan dan mana yang tidak saya lakukan.
|
|||||
B.
|
Perasaan Positif
|
|||||
5
|
Setelah mengikuti layanan ini saya merasa senang,
karena dilakukan dengan cara yang menyenangkan.
|
|||||
6
|
Saya senang mengikuti layanan ini karena saya
merasa dihargai dalam kegiatan ini.
|
|||||
7
|
Saya senang mengikuti layanan ini karena merasa
materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi kehidupanku saat ini dan yang
akan dating.
|
|||||
8
|
Saya senang mengikuti layanan ini karena saya dapat
membedakan mana yang baik dan tidak baik untuk di lakukan.
|
|||||
C.
|
Rencana Kegiatan Pasca Layanan
|
|||||
9
|
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya menggunakan
pengetahuan yang saya dapat sebagai dasar untuk bertindak dan berperilaku.
|
|||||
10
|
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya akan selalu
mempertimbangkan baik dan buruk keputusan yang saya ambil.
|
|||||
11
|
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya akan
memperbaiki kelemahan saya dan mengembangkan kelebihan yang saya miliki.
|
|||||
12
|
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya dapat
membedakan mana etika yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak boleh
dilakukan.
|
|||||
D.
|
Dampak Layanan Terhadap Perubahan Tingkah Laku
|
|||||
13
|
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya merasa dapat
memperbaiki kelemahan dan kebiasaan buruk saya.
|
|||||
14
|
Saya yakin setelah mengikuti kegiatan ini, saya
dapat mengembangkan potensi yang saya miliki.
|
|||||
15
|
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya merasa mampu
menimbang, memilih dan mengambil keputusan terbaik terhadap suatu sikap.
|
|||||
16
|
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya mampu membedakan
mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.
|
|||||
Jumlah
Skor
|
||||||
Kriteria
Hasil
|
Kriteria Hasil …………….,
12 Mei 2013
36 – 48 : Sangat Baik Siswa,
24 – 35 : Baik
12 – 23 : Kurang Baik
0 – 11 :
Tidak Baik …………………
IZIN COPY YA
ReplyDeleteizin copy teh... (y) bgt
ReplyDeleteizin kopi juga
ReplyDeleteizin copy
ReplyDeleteizin copy yah. Terima Kasih
ReplyDeleteizin copy. terima kasih
ReplyDeleteIzin copy
ReplyDeleteIjin copy nggih
ReplyDeleteMohon ijin copy
ReplyDeleteadakah pedoman observasi untuk penilaian proses layanan bimbingan klasikal?
ReplyDeleteijin kopi ya
ReplyDelete