http://i560.photobucket.com/albums/ss44/erge32/EkaSidebar.gif

Semoga bermanfaat untuk kawan-kawanku n juga bagi publik,, :)

Guidance and Counseling Riska Ratna

Thursday, 25 July 2013

Contoh format RPL, instrumen penilaian proses dan penilaian hasil



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Nama Sekolah
:

Kelas
:

Tahun Pelajaran (Semester)
:


A.
Tugas Perkembangan
:
Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria dan wanita.
B.
Bidang Bimbingan
:
Pribadi
C.
Rumusan Kompetensi
:
Menerima peran pribadi dalam kelompok sebaya sebagai Pria dan Wanita
D.
Topik / Materi
:
Etika Pergaulan Islam antara Pria dan Wanita
E.
Tujuan Layanan
:
1.
Siswa memiliki perasaan senang dalam mengikuti layanan tentang etika pergaulan Islam antara pria dan wanita.



2.
Siswa memiliki pemahaman baru mengenai etika pergaulan Islam antara pria dan wanita.



3.
Siswa memiliki kecenderungan untuk bergaul dengan berdasar kepada etika pergaulan Islam antara pria dan wanita.



4.
Siswa memiliki keyakinan bahwa materi layanan tentang etika pergaulan Islam antara pria dan wanita memberi dampak positif/ bermanfaaat bagi dirinya
F.
Jenis Layanan
:
Layanan Informasi
G.
Fungsi Layanan
:
Pencegahan dan Pemahaman
H.
Model/ Pendekatan
:
Model Pembelajaran Kontruktivisme
I.
Uraian Kegiatan
:
1.
Menjelaskan secara terbuka tentang pokok-pokok materi.



2.
Memberi kesempatan kepada siswa dalam kelompok untuk bertanya.



3.
Memberikan masalah pada siswa untuk di pecahkan.



4.
Menumbuhkan keceriaan dan antusias siswa dalam berdiskusi berkelompok.



5.
Memberikan penghargaan terhadap siswa dalam diskusi kelompok.
J.
Tempat Penyelenggaraan
:
Ruang Kelas X (Sepuluh)
K.
Alokasi Waktu
:
1 x 30 menit
L.
Pihak yang disertakan
:
Siswa dan Konselor (Guru Pembimbing)
M.
Alat dan Perlengkapan
:
LCD Projector, Lap Top, Powerpoint, dan bahan bacaan
N.
Rencana Penilaian
:
Layanan Segera (Penilaian Proses dan Hasil)
O.
Rencana Tindak Lanjut
:
Penerapan pada kehidupan sehari-hari
P.
Catatan Khusus
:


………………..., 12 Mei 2013
Perencana Pelayanan, 


.........................................
INSTRUMEN PENILAIAN PROSES LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Konselor              : ……………………………………………………………………………………………………………………………………….
Kelas                     : ……………………………………………………………………………………………………………………………………….
Topik                     :

No
Aspek Kinerja Yang Dinilai
Skor
0
1
2
3
A.
Tahap Perencanaan

1
Perumusan Tujuan Layanan





2
Kesesuaian tujuan dengan materi layanan





3
Perencanaan kegiatan siswa





4
Pemilihan teknik layanan





5
Evaluasi hasil layanan




B.
Tahap Pelaksanaan

6
Kemampuan penggunaan waktu





7
Kemampuan menyajikan materi





8
Kemampuan mengembangkan kegiatan siswa





9
Kemampuan menumbuhkan kreativitas siswa





10
Kemampuan pengelolaan kelas





11
Kemampuan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar





12
Kemampuan menumbuhkan siswa dalam mengemukakan masalah





13
Kemampuan berbahasa





14
Kemampuan menumbuhkan suasana yang menyenangkan





15
Kemampuan menggunakan teknik dan metode





16
Kemampuan mengevaluasi hasil




Jumlah Skor

Kriteria Kinerja Guru


Kriteria Hasil                                                                                                                       Bulan Bintang, 12 Mei 2013
36 – 48 : Sangat Baik                                                                                                                       Konselor,
24 – 35  : Baik
12 – 23  : Kurang Baik                                                                                     
0 – 11    : Tidak Baik                                                                                                                          …………………        
                                                                                                                                               
Hambatan:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Factor Penunjang:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...

 












INSTRUMEN PENILAIAN HASIL LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Nama Siswa        : ……………………………………………………………………………………………………………………………………...
Kelas                     : ………………………………………………………………………………………………………………………………………
Topik                     :

No
Aspek/ Pernyataan
Skor
0
1
2
3
A.
Pemahaman Baru

1
Melalui layanan ini membuat saya memahami pengertian dari materi yang telah di sampaikan.





2
Melalui layanan ini saya memahami pentingnya beretika yang baik dalam bergaul antar teman.





3
Melalui layanan ini saya memahami manfaat dan kegunaan dari materi yang disampaikan.





4.
Melalui layanan ini saya mengetahui mana yang seharusnya saya lakukan dan mana yang tidak saya lakukan.




B.
Perasaan Positif

5
Setelah mengikuti layanan ini saya merasa senang, karena dilakukan dengan cara yang menyenangkan.





6
Saya senang mengikuti layanan ini karena saya merasa dihargai dalam kegiatan ini.





7
Saya senang mengikuti layanan ini karena merasa materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi kehidupanku saat ini dan yang akan dating.





8
Saya senang mengikuti layanan ini karena saya dapat membedakan mana yang baik dan tidak baik untuk di lakukan.




C.
Rencana Kegiatan Pasca Layanan

9
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya menggunakan pengetahuan yang saya dapat sebagai dasar untuk bertindak dan berperilaku.





10
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya akan selalu mempertimbangkan baik dan buruk keputusan yang saya ambil.





11
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya akan memperbaiki kelemahan saya dan mengembangkan kelebihan yang saya miliki.





12
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya dapat membedakan mana etika yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.




D.
Dampak Layanan Terhadap Perubahan Tingkah Laku

13
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya merasa dapat memperbaiki kelemahan dan kebiasaan buruk saya.





14
Saya yakin setelah mengikuti kegiatan ini, saya dapat mengembangkan potensi yang saya miliki.





15
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya merasa mampu menimbang, memilih dan mengambil keputusan terbaik terhadap suatu sikap.





16
Setelah mengikuti kegiatan ini, saya mampu membedakan mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.




Jumlah Skor

Kriteria Hasil


Kriteria Hasil                                                                                                                       ……………., 12 Mei 2013
36 – 48 : Sangat Baik                                                                                                                       Siswa,
24 – 35  : Baik
12 – 23  : Kurang Baik                                                                                     
0 – 11    : Tidak Baik                                                                                                                          …………………

11 comments :