PENGEMBANGAN
KREATIVITAS
Kreativitas adalah suatu proses yang
tercemin dalam kelancaran, kelenturan & originalitas dalam berpikir (utami
munandar). Ex. Menciptakan kursi roda (menggabungkan kursi dengan roda
membutuhkan kreativitas)
Kreativitas
adalah proses kreatif sebagai munculnya tindakan dalam suatu produk baru yang tumbuh
dr keunikan indiividu di satu pihak, & dari kejadian, orang-orang & keadaan hidupnya di lain pihak. (rogers)
Sejarah Perkembangan kreativitas d
Indonesia:
Peneliti
-> Prof.Dr. utami munandar (1977) -> Creativity and education
Sejarah:
-Pengembangan & pelatihan para
guru untuk mengembangkan bakat minat anak
-alat-alat tes kreativitas :
1.kreativitas verbal
2.skala tentang kreativitas
Kreativitas seseorang dipengaruhi
oleh:
1. Factor internal (dirisendiri)
-kondisi kesehatan fisik (kurang
vit,sakit)
- tingkat kecerdasan IQ
-kondisi kesehatan mental
IQ & intelegensi berbeda
IQ= skor dr intelegensi
Intelegensi= tingkat kecerdasan
seseorang.
-kondisi kesehatan mental
2.
factor eksternal
Ikut mendorong munculnya kreativitas.
Kreativitas tidak dapat dipaksakan,tapi dimungkinkan untuk tumbuh.
3. factor gen
Pemikiran kraetivitas menurut Guilford
1. aptitude
= proses berpikir -> kognitif
->Kemampuan untuk menangkap &
mengerti suatu masalah. Ciri: Kelancaran dalam berpikir, fleksibilitas/ luwes dalam
berpikir,unsure orisinalitas dalam ide, redefinisi (memberi definisi baru), elaborasi
2. non aptitude = sikap &perasaan -> emosionalCiri:
punya daya imajinasi yang kuat, mempunyai inisiatif, bebas dalam berpikir,
percaya pada diri sendiri, berani ambil resiko.
Faktor-faktor kreativitas:
1.pendorong: factor yang mendorong &
mempengaruhi factor eksternal & factor internal.
2.pribadi
3.proses: kebebasan untuk membuat &
berkreativits tapi tidak merugikan orang lain
4.produk: hasil dari proses
3 dimensi pengemb.kreativitas:
1.society
2. school
3. family
Model utk pengembg kreativitas:
a.
Keempat
aspek yang saling berkaitan dari kreativitas.
b. Kerangka pengembgn & penelitian utk mengkaji
keempat perspektif dari kreativitas,
c.
Tiga
lingkungan untuk penelitian & pengembgn kreativitas.
Orang kreatif itu:
1.
berkemampuan
baik dalam menjalankan ide-ide berbeda dalam waktu singkat.
2. berpandangan positif pada diri sendiri
3. peka terhadap lingkungan & orang lain
4.
termotivasi
oleh masalah-masalah yang menantang.
Menurut bobby de potter, ciri orang
kreatif itu:
1.
persiapan
(langkah awal, rencana)
2. inkubasi (mencerna fakta-fakta yang ada &
mengelolanya dalam pikiran)
3.
iluminasi
(pemikiran spontan)
Hal yang menghambat kreativitas:
a.
Takut
salah & gagal,
b. terlalu spesialis,
c. kaku,
d. memandang bermain sebagai sesuatu yang tidak menentu,
e.
tidak mau
memakai hal-hal baru.
Teori kreativitas:
1.
Psikoanalisis
(Sigmund freud)
Kreativitas
sebagai hasil mengatasi masalah. Keseimbangan antar id, ego & super ego.
Ex. anak yang broken home tidak mau hal itu terjadi pada dirinya kelak.
2. humanistis
(maslow, roger)
Istilah-istilah dalam kreativitas:
·
represi: suatu
hal yang pernah dialami &menimbulkan ancaman bagi ego di tekan masuk ketidaksadaran & disimpan disana agar tidak mengganggu
ego lagi. Ex. putus cinta
·
pembentukan
reaksi: seseorang bereaksi sebaliknya dari yg di kehendakinya demi tdk
melanggar ketentuan dr super ego. Ex. kecemasan dalam diri yang slalu dilarang.
·
proyeksi:
menganggap seseorang memiliki perasaan yang sebetulnya merupakan perasaan anda
tentang dia. Ex. guru membenci kepsek. Namun super ego melarang guru membenci
kepsek karena hrus sling menghormati.
·
Penempatan yang
keliru(displacement) : jika seseorg tdk dpt melampiaskan perasaan tertentu thdp
org lain karena hambatan dr super ego, maka ia akan melampiaskan perasaan tsbt
ke pihak ke-3. Ex. A marah dengan B, namun A melampiaskan marahnya ke C.
·
rasionalisasi:
dorongan2 yang sebenarnya dilarang oleh super ego dicarikan penalaransedemikian
rupa sehingga seolah-olah dpt di benarkan. Ex. A dilarang memukul B, tapi A
punya alas an memukul B supaya B bertingkah laku lebih baik.
·
sublimasi:
dorogan2 yang tdk dibenarkan oleh super ego tetap dilakukan juga dalam bentuk yang
lebih sesuai dengan tuntutan masyarakat. Ex. music,sastra, dll
·
komensasi: usaha
untuk menutupi kelemahan di salah satu organ/bidang dengan membuat prestasi yang
tinggi di organ atau bidang lain. Ex. wanita yang kurg cantik tapi pintar.
·
regresi: untuk
menghindari kegagalan/ ancaman thdp super ego, individu mundur kembali ke taraf
perkembgn yang lebih rendah. Ex. seorang kakek yang ingin terlihat muda dengan
berpakaian modis ala remaja.
Jenis alat ukur mngukur potensi kreatif:
Memakai
tes dr Torrance (Torrance test of creativity thinking; TTCT), yang mempunyai
bentuk verbal & figural. Bisa juga menggunakan kuisioner atau daftar
pengalaman.
Hierarki kebutuhan manusia (maslow)
1.
keb.
faali: kebutuhan untuk mempertahankan hidup. Ex. makan,minum,udara, dll
2. keb.keamanan: merasa bebasdr ancaman. Ex. tempat
tinggal
3. keb. akan belonging & cinta
4. keb. Akan penghargaan & harga diri
5.
keb.
Aktualisasi diri (kreativitas)
Sikap ortu yang tdk memupuk
kreativitas:
a. Ortu menolak gagasan anak
b. ortu terlalu memaksa
c. ortu tdk sabar pd anak
d. Ortu yang ketat mengawasi anak
e. tdk memperbolehkan anak main drg
keluarga lain.
Sikap ortu yang memupuk kreativitas:
a. mendorong & menunjang kegiatan
anak
b. menghargai pendapat anak
c. memberi waaktu pd anak
d. meyakinkan bahwa ortu menghargai ap yang
ingin coba dilakukan.
No comments :
Post a Comment