http://i560.photobucket.com/albums/ss44/erge32/EkaSidebar.gif

Semoga bermanfaat untuk kawan-kawanku n juga bagi publik,, :)

Guidance and Counseling Riska Ratna

Friday 26 July 2013

Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi dalam BK



A.        Pengukuran
Pengukuran dalam bahasa Inggris yakni Measurement adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dalam arti memberi angka but obyek pengukuran atau obyek ukur.  Hasil data yang diperoleh dari kegiatan pengukuran ini ialah data kuantitatif.
Kharakteristik suatu pengukuran, antara lain:
1.       Memberi  angka terhadap  sesuatu yang disebut obyek secara sistematis.
2.       Proses pengumpulan data melalui pengamatan empiris.
3.       Dalam bidang pendidikan erat kaitannya dengan tes.
4.       Bersifat kuantitatif (bergerak dengan angka).

B.        Penilaian
Penilaian merupakan suatu proses  membandingkan suatu obyek dengan mengacu pada patokan-patokan tertentu , seperti baik/buruk, memadai/tidak memadai, memenuhi syarat/tidak memenuhi syarat, dan sebagainya. Hasil data yang diperoleh dari kegiatan penilaian ini ialah data kualitatif (kualitas suatu obyek). Kegiatan penilaian dalam bimbingan dan konseling  bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan kegiatan dan ketercapaian tujuan dari program yang telah ditetakan.
Sedangkan yang dinamakan dengan kegiatan menilai adalah suatu proses mengambil keputusan terhadap sesuatu yang mengacu pada ukuran tertentu, seperti menilai  baik/buruk, sehat/sakit, pandai/bodoh, tinggi/rendah, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa fungsi dari kegiatan penilaian sebagai berikut.
1.        Penilaian berfungsi selektif
-          Memilih siswa untuk diterima di sekolah tertentu.
-          Memilih siswa yang dapat naik kelas/ belum
-          Memilih siswa yang seharusnya menerima beasiswa
-          Pengukuran suatu keberhasilan
-          Memotivasi dan membimbing anak
2.       Penilaian berfungsi diagnostic
Apabila alat yang digunakan dalam penilaian memenuhipersyaratan, maka dengan melihat hasilnya guru akan mengetahui bkelemahan siswa dan dapat mengetahui sebab-sebabnya.
3.       Penilaian berfungsi penempatan
Karena ada pengakuan yang besar akan kemampuan individu bahwa setiap lahirnya telah membawa bakat masing-masing, maka pembelajaran akan lebih efektif jika disesuaikan dengan pembawaan yang ada.
4.       Penilaian berfungsi sebagai pengukur keberhasilan
Untuk mengetahui sejauh mana program berhasil diterapkan, maka keberhasilan program ditentukan oleh beberapa factor, yaitu factor guru, metode mengajar, kurikulum, sarana dan system administrasi.
      
Berikut ini ada beberapa jenis dari penilaian antara lain :
1.       Penilaian proses
Penilaian proses ini dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana keefektifan layanan bimbingan dilihat dari prosesnya.
2.       Penilaian hasil
Penilaian hasil ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi keefektifan layanan bimbingan dilihat dari hasilnya.

Berikut ini beberapa aspek yang akan dinilai dalam melakukan suatu kegiatan penilaian, antara lain:
1.       Kesesuaian antara program dengan pelaksanaan
2.       Keterlaksanaaan program
3.       Hambatan-hambatan yang di jumpai
4.       Dampak layanan bimbingan terhadap kegiatan belajar mengajar
5.       Respon siswa, personil sekolah, orang tua, dan masyarakat terhadap layanan bimbingan.
6.       Perubahan kemajuan siswa dilihat dari pencapaian tujuan layanan bimbingan, pencapaian tugas-tugas perkembangan, pencapaian hasil belajar, keberhasilan setelah siswa menamatkan sekolah baik pada study lanjutan ataupun dalam kehidupan di masyarakat

C.        Evaluasi
Evaluasi dalam bahasa Inggris dikenal dengan Evaluation adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan/program telah tercapai (Gronlund,1985). Menurut Wringstone,dkk (1956) evaluasi pendidikan adalah penafsiran atas pertumbuhan dan kemajuan siswa kearah tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan dalam kurikulum.
Dapat pula diartikan bahwa evaluasi sebagai proses menilai sesuatu berdasarkan criteria atau tujuan yang telah ditetapkan yang selanjutnya di ikuti dengan pengambilan keputusan atas obyek yang di evaluasi.

Contoh hasil ujian mata kuliah pengukuran dan penilaian BK
No.
Nama
Skor
Nilai
Keputusan
1.
Adi
90
A
LULUS PALING BAIK
2.
Bela
85
A
LULUS SANGAT BAIK
3.
Cita
80
A
LULUS AMAT BAIK
4.
Didi
75
B
LULUS BAIK
5.
Ema
70
B
LULUS BAIK
Keterangan:
Kolom SKOR merupakan hasil dari kegiatan pengukuran, kolom NILAI merupakan hasil dari kegiatan penilaian, sedangkan kolom KEPUTUSAN merupakan hasil dari kegiatan evaluasi.
CATATAN:
·         Evaluasi dan penilaian bersifat kualitatif, alat yang digunakan dalam pengukuran dapat berupa alata baku yang secara internasional, seperti meteran, timbangan stopwatch, thermometer, dan lain-lain. Dan dapat pula berupa alat yang dikembangkan sendiri dengan mengikuti proses yang telah di tetapkan.
·         Evaluasi, penilaiaan dan pengukuran merupakan tiga konsep yang berbeda, namun demikian dalam praktik terutama dalam dunia pendidikan, kegiataan/ketiga konsep ini sering dipraktekkan dalam satu rangkaian kegiatan.
·         Pengukuran, penilaian dan evaluasi merupakan suatu kesatuan yang terintegrasi, maksudnya adalah di dalam setiap kegiatan (pengukuran, penilaian dan evaluasi) tidak bisa di pisahkan, karena ketiganya saling berkaitan/saling ketergantungan. Penilaian tidak bisa di lakukan tanpa adanya kegiatan pengukuran terlebih dahulu, evaluasi tidak bisa dilakukan jika belum melakukan pengukuran dan penilaian dan begitu seterusnya.

No comments :

Post a Comment