http://i560.photobucket.com/albums/ss44/erge32/EkaSidebar.gif

Semoga bermanfaat untuk kawan-kawanku n juga bagi publik,, :)

Guidance and Counseling Riska Ratna

Saturday 12 July 2014

Biblio terapi dan Genogram



BIBLIO TERAPI
Biblio terapi adalah program membaca terarah yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman klien terhadap dirinya sendiri dan untuk memperluas cakrawala budaya serta memberikan beraneka ragam  pengalaman emosional. Terapi dengan membaca ini utamanya untuk menyembuhkan stress, depresi dan kegelisahan. Terapi ini mengunakan ruang perpustakaan dengan berbagai macam buku yang sifatnya memberi motivasi pada klien Metode ini sangat dianjurkan bagi klien yang sulit menyampaikan permasalahannya secara verbal. Tampilan dari biblioterapi disebut konseling perpustakaan. Setiap klien belum tentu cocok dengan terapi ini. Dalam biblioterapi si klien harus memiliki imajinasi yang tinggi dan biasanya wanita ;ebih tinggi imajinasinya disbanding pria.

 
GENOGRAM

Genogram adalah alat bantu di dalam wawancara konseling karier. Genogram dikembangkan oleh okisi yang merupakan suatu alat yang dipersiapkan untuk membantu konselor dan klien ketika wawancara karier berlangsung dalam suasana yang menyenangkan hingga dapat mendorong keterbukaan dalam konteks silsilah keluarga. Asumsi yang mendasari dikembangkannya genogram adalah bahwa di dalam pemilihan karier terdapat pengaruh dari orang lain yang berarti. Kategori orang-orang yang berarti: guru, teman sebaya, orang tua.

Genogram secara istilah berasal dari dua kata yaitu gen (unsure keturunan) dan gram (gambar / grafik). Dalam bahasa Indonesia, genogram dapat digambarkan dengan silsilah keluarga. Secara kontekstual, genogram berarti suatu model grafis yang menggambarkan asal-usul keluarga klien dalam tiga generasi yakni generasi dirinya, orang tuanya dan kakek neneknya.

Genogram juga merupakan suatu alat untuk menyimpan informasi yang dicatat selama wawancara antara klien dengan konselor mengenai orang-orang dalam asal-usul keluarga klien. Keunikan setiap klien di tekankan sebagaimana klien memandangnya dalam konteks keluarga. Hal-hal yang dapat dianalisis mengenai:
1.      Isi pengamatan dari klien
2.      Pemahamanan lingkungan / dunia kerja
3.      Proses pembuatan keputusan
4.      Model-model pola hidup
5.      Model-model okupasional

Bidang-bidang yang dapat didiskusikan dalam wawancara genogram meliputi:
1.      Persepsi klien tentang keberhasilan anggota keluarga sebagai pasangan, orangtua, kawan dan saudara.
2.      Peningkatan penurunan mobilitas yang berkaitan sebagai anggota keluarga yang telah mendapatkan karier.
3.      Waktu, ruang, uang dan hubungan yang dikelola di dalam serta diluar keluarga.

Penggunaan genogram dalam konseling karier ditempuh melalui tiga tahapan, yaitu:
1.      Konselor membentuk genogram berdasarkan informasi dari klien.
2.      Konseelor bersama klien mencatat pekerjaan-pekerjaan individu-individu tertentu yang ditunjukkan dalam genogram.
3.      Konselor bersama klien mengeksplorasi individu-individu yang dinyatakan dalam genogram  dengan cara menambahkan catatan mengenai model-model peranan yang dipecahkan oleh klien dan penguatan yang diberikan kepada model-model peran.

1 comment :

  1. dimana mendapatkan buku genogramnya ya ?
    info dong: 081914427318

    ReplyDelete